This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

Apa itu Hadiah? Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Hadiah

Hadiah adalah suatu pemberian dari individu atau kelompok lain. Hadiah biasanya diberikan tanpa adanya imbal balik, ditujukan untuk membuat kedekatan antara satu pihak dengan pihak lainnya. Umumnya hadiah berbentuk barang, akan tetapi hadiah juga bisa berbentuk lain, seperti uang atau jasa yang diberikan secara cuma - cuma.

Hadiah juga kerap dijumpai dalam konteks undian atau perlombaan, hadiah ini merupakan penghargaan yang diberikan atas jerih payah seseorang. Hadiah sendiri memiliki macam - macam manfaat yang tak kalah penting, untuk mengetahui apa saja manfaat dari pemberian hadiah tersebut, Anda bisa simak uraiannya dibawah.

5 Manfaat Hadiah Secara Umum

Hadiah

1. Menunjukkan Apresiasi Terhadap Individu

    Pemberian hadiah merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan sebagai bentuk pengapresiasian dari satu pihak ke pihak lainnya. Dengan diberikannya hadiah, orang yang menerima hadiah tersebut akan merasa diapresiasi jasanya sehingga nantinya ia akan merasa dihargai dan dipedulikan.

    2. Sebagai Alat untuk Memotivasi Seseorang

      Hadiah juga bisa diberikan sebagai salah satu media motivasi agar seseorang tetap semangat dalam menjalankan sesuatu, seperti misalnya hadiah yang akan diberikan ketika seseorang menjuarai sebuah lomba atau kompetisi, hadiah yang diberikan ketika seseorang untuk seorang juara dari mengikuti kompetisi tersebut akan membuat peserta dari lomba tersebut akan merasa semangat dan termotivasi untuk menjadi juara dan meraih kemenangan.

      3. Memberikan Kedekatan Terhadap Individu

        Dalam konteks hubungan sosial, hadiah kerap pula dijadikan sebuah media untuk menambah kedekatan antara dua orang. Dengan diberikannya sebuah hadiah maka nantinya dua orang ini akan semakin merasa dekat dan nyaman. Orang yang diberikan hadiah tersebut tentunya akan merasa tersanjung dan membuat orang tersebut menjadi lebih welcome dengan orang yang memberikannya hadiah.

        4. Sebagai Cinderamata / Kenang-Kenangan

          Hadiah juga sering digunakan sebagai cinderamata yang bertujuan untuk membuat sebuah momen menjadi lebih memorable dan dapat dikenang untuk waktu yang lama. Ketika sebuah hadiah dalam bentuk barang dijadikan sebuah kenang- kenangan, maka nantinya ketika orang yang diberikan hadiah tersebut sedang menggunakan barangnya maka ia akan teringat kembali akan momen ketika hadiah tersebut diberikan.

          5. Sebagai Bentuk Perayaaan / Event Tertentu

            Hadiah dapat digunakan sebagai unsur perayaan dari suatu event atau acara. Ketika hadiah diberikan, maka acara tersebut akan terasa lebih spesial dan penting. Hadiah akan terasa sangat penting jika acara tersebut merupakan event yang jarang terjadi, seperti misalnya acara yang bersifat sekali dalam seumur hidup. Tentunya banyak orang yang ingin merayakan hal ini dengan memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan.

            3 Jenis Hadiah Secara Umum

            Hadiah

            1. Hadiah Ulang Tahun

              Hadiah ulang tahun biasanya diberikan sebagai salah satu cara merayakan hari kelahiran seseorang, ketika seseorang yang sedang berulang tahun diberikan sebuah hadiah, maka ia akan merasa diperhatikan dan dicintai, sehingga nantinya orang tersebut akan menjadi senang dan bahagia. Biasanya karena hadiah ini merupakan hadiah yang rutin tiap tahunnya diberikan pada seseorang maka untuk bentuk hadiah nya sendiri bisa bermacam - macam tergantung dari personal orang tersebut, ada beberapa orang yang lebih menyukai hadiah -  hadiah bersifat sentimental dan ada beberapa orang yang cenderung suka dengan hadiah - hadiah yang fungsional.

              2. Hadiah Pernikahan

                Hadiah untuk sepasang suami istri yang baru saja menikah merupakan salah satu jenis hadiah yang kerap kita jumpai. Ketika sepasang suami istri akan menempuh hidup baru melalui pernikahan, kita dapat mendoakan serta memberikan mereka hadiah agar momen pernikahan mereka terasa semakin spesial. Hadiah pernikahan biasanya adalah hadiah yang terasa berkesan karena pada umumnya pernikahan itu terjadi sekali seumur hidup, sehingga hadiah pernikahan merupakan sesuatu yang sangat memorable. Untuk hadiah jenis ini biasanya akan lebih baik jika hadiah yang akan diberikan nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi sepasang suami - istri tersebut dalam keseharian mereka. Jangan sampai nantinya hadiah yang diberikan malah tidak bermanfaat bagi mereka.

                3. Hadiah Penghargaan

                  Hadiah ini umumnya diberikan kepada seseorang yang telah memenangi suatu lomba atau kompetisi, saat mereka sudah melewati suatu ujian atau mencapai target dan meraih suatu prestasi. Hadiah ini bertujuan sebagai ucapan selamat, juga sebagai salah satu cara agar orang tersebut merasa senang sudah diapresiasi, sehingga dia akan semakin termotivasi dan bangga akan prestasi yang didapatkan. Dengan adanya hadiah ini juga seseorang akan merasa bahwa jerih payah nya selama ini tidak sia - sia. Umumnya hadiah yang diberikan cukup bervariatif, tergantung situasi pemberian hadiah tersebut, seperti contohnya hadiah pada lomba yang cenderung mendapatkan uang tunai sebagai penghargaan tersebut, karena telah menjadi juara dari kompetisi tersebut.

                  *Baca Juga:

                  Itulah beberapa hal penting mengenai apa itu hadiah, manfaa serta jenis - jenis hadiah. Hadiah memang menjadi suatu hal yang penting bagi seseorang, baik teman, orang tua maupun rekan kerja sekalipun.

                  Howel and Co adalah situs online yang menjual segala kebutuhan hadiah dan souvenir. Produk kami meliputi Handuk, Sajadah, Mukena, Sleepwear, Tableware, dan masih banyak lagi. Kami menyediakan hadiah untuk ibu, hadiah untuk ayah, hadiah untuk istri, hadiah untuk suami, hadiah untuk pacar, hadiah untuk anak, hadiah untuk bayi, hadiah untuk cowok, hadiah untuk guru, hadiah wisuda, hadiah sidang skripsi, hadiah natal, hadiah valentine, hadiah anniversary, hadiah pernikahan, dan hadiah untuk orang tersayang..

                  Leave a comment

                  Cart

                  No more products available for purchase