This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

10 Ide Souvenir Aqiqah Unik dan Bermanfaat

Souvenir aqiqah

Apa itu Souvenir Aqiqah?

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah untuk menanamkan nilai-nilai ketuhanan kepada anak. Acara aqiqah dilaksanakan dengan tujuan mengungkapkan kebahagian dan memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Dengan aqiqah, diharapkan sang bayi akan dapat kekuatan, kesehatan lahir dan batin.

Upacara aqiqah biasanya dilakukan dengan prosesi penyembelihan hewan ternak seperti kambing. Aqiqah dilakukan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah kelahiran anak. Bagi anak laki-laki, melaksanakan aqiqah wajib memotong dua ekor kambing, sementara untuk anak perempuan satu ekor kambing.

Secara sunnah, hukum aqiqah adalah sunnah muakkad (diutamakan). Artinya, apabila seorang muslim mampu melaksanakan dan mempunyai harta yang cukup, maka dianjurkan untuk melakukan aqiqah bagi anaknya yang masih bayi. Sementara bagi orang yang kurang mampu, pelaksanaan aqiqah dapat ditiadakan.

Untuk melangsungkan aqiqah, biasanya akan dibarengi dengan pemberian souvenir. Hal ini sebagai bentuk buah tangan kepada sesama muslim yang ada di sekitar kita. Souvenir yang dipilih juga bisa bermacam-macam, barang-barang yang berguna dan bermanfaat. Dibawah ini adalah beberapa contoh souvenir aqiqah.

Aqiqah

10 Rekomendasi Souvenir Aqiqah Terbaik

Banyak ide souvenir aqiqah yang bisa kamu pilih untuk anak, berikut diantaranya:

1. Mug

    Souvenir yang pertama adalah sebuah Mug. Bukan hanya sekedar mug, namun Anda dapat mem customnya dengan menghiasi permukaan mug dengan foto buah hati Anda beserta namanya. Umumnya memang Mug merupakan pilihan souvenir yang simple namun unik dan berkesan. Namun jika Anda memilih mug sebagai souvenir, Anda dapat mencari mug yang memiliki desain unik atau mug yang dilengkapi dengan sendok teh agar lebih unik.

    2. Bantal Custom

      Bantal custom yang berukuran kecil dapat Anda jadikan sebuah souvenir yang unik dan menarik. Memberikan bantal kecil yang di custom dengan inisial nama buah hati atau fotonya, akan memberikan nilai historis bagi si penerima. Pilihlah bantal yang berukuran kecil dan bentuknya yang lucu agar souvenir Anda terlihat unik dan berkesan. Dengan memberikan souvenir berupa bantal, dapat dijadikan aksesoris dan digunakan oleh si penerima souvenir.

      3. Goodie Bag

        Goodie Bag merupakan tas yang berbahan spunbond dan dapat Anda desain sesuai dengan keinginan Anda. Untuk souvenir aqiqah Anda dapat men-desain goodie bag ini dengan memasukan nama inisial buah hati Anda. Memberikan goodie bag dapat bermanfaat untuk digunakan oleh si penerima untuk membungkus barang belanjaan, jadi sangat ramah lingkungan karena tidak harus menggunakan kantong plastik.

        4. Kotak Tisu

          Kotak tisu adalah tempat untuk menyimpan tisu agar rapi dan unik. Souvenir berupa kotak tisu ini akan sangat bermanfaat untuk digunakan oleh si penerima souvenir. Agar souvenir kotak tisu Anda menjadi lebih baik, Anda dapat mendesain dengan memasukan inisial bayi Anda. Selain itu Anda juga harus memilih bentuk dan bahan tempat tisu, terdapat beberapa bahan kotak tisu seperti flanel dan kotak plastik.

          5. Reusable Straw

            Reusable Straw atau dikenal dengan stainless straw merupakan sedotan besi anti karat yang dapat digunakan berkali-kali untuk meminimalisir penggunaan sedotan plastik yang sekali pakai. Oleh karena itu memberikan souvenir berupa sedotan stainless merupakan suatu pilihan yang baik dan bijak karena sangat ramah lingkungan. Tak hanya itu souvenir Anda akan unik dan berbeda dari yang lain.

            6. Toples Kecil

              Toples kecil memang sering dijadikan sebuah souvenir di berbagai acara, karena selain memorable toples kecil juga dapat digunakan sehari-hari untuk menyimpan permen, biskuit, atau bahkan benda-benda kecil. Toples kecil ini dapat Anda kreasikan dengan menempelkan label atau di sablon dengan menuliskan inisial nama bayi Anda. Toples kecil ini adalah souvenir aqiqah yang berkesan dan tidak membosankan.

              7. Handuk Kecil

                Handuk yang berukuran kecil juga biasa dijadikan sebuah souvenir aqiqah karena sangat fungsional bagi si penerima souvenir. Handuk kecil ini akan digunakan untuk mengusap wajah atau handuk untuk mandi anak. Agar handuk kecil terlihat lebih berkesan dan menarik, Anda dapat mem bordirnya dengan memberikan inisial nama anak Anda dan jangan lupa memilih warna yang netral.

                8. Botol Tumbler

                Botol tumbler merupakan salah satu barang terbaik yang bisa anda jadikan souvenir aqiqah. Botol tumbler terbuat dari bahan stainless dan plastik dengan berbagai ukuran. Selain bermanfaat sebagai botol minum, tumbler ini juga mudah dibawa kemana - mana, seperti kerja atau sekolah. Dengan desain yang minimalis, tentunya akan sangat disukai oleh anak - anak dan orang dewasa sekalipun.

                9. Sajadah

                Bagi umat muslim, sajadah adalah alat sholat yang sangat berguna. Biasanya sajadah digunakan oleh kaum hawa untuk beribadah. Syukuran aqiqah akan lebih berkesan jika anda memberikan souvenir yang satu ini, karena sangat bermanfaat. Anda bisa memilih sajadah dengan kualitas premium, seperti dari kulit asli. Untuk mempermudah anda, kami menyediakan sajadah untuk anda.

                10. Peci

                Ibadah akan terasa lebih khusyuk dengan peci dan tasbih. Barang yang satu ini sangat penting untuk perayaan aqiqah, sebab berguna untuk melaksanakan ibadah. Jika anda menginginkan souvenir yang sederhana dan berkesan, mungkin bisa mencoba memberikan peci dan tasbih. Anda bisa memilih peci dan tasbih dengan warna yang bagus, tujuannya agar lebih menarik saat digunakan.

                *Baca Juga:

                Howel and Co adalah toko online yang menyediakan paket Gift Set Souvenir terbaik di Indonesia. Anda bisa mencari souvenir aqiqah sesuai kebutuhan, mulai dari sajadah, handuk, dan lain sebagainya. Kualitas souvenir kami tidak usah diragukan lagi, karena sangat berkualitas.Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan souvenir aqiqah.

                Cart

                No more products available for purchase