Undangan Pernikahan: Contoh, Jenis, dan Tips Membuat Undangan

December 13, 2021 4 min read

Apa itu Undangan Pernikahan?

Undangan pernikahan sekarang ini banyak disebarkan lewat media sosial dalam bentuk foto ataupun video. Namun, masih ada juga yang membuatnya dalam bentuk fisik. Biasanya undangan pernikahan ini dicetak pada suatu kertas yang sering disebut dengan digital printing, biasanya di cetak dalam 2 jenis, yaitu softcover dan hardcover.

Undangan pernikahan softcover merupakan undangan yang terbuat dari 1 lembar kertas, biasanya memakai kertas art carton, aster, jasmine ataupun BC. Sedangkan undangan pernikahan hardcover merupakan undangan yang terbuat dari lapisan kertas karton, tujuannya agar undangan terlihat tebal dan tidak mudah rusak ataupun lecek.

Undangan pernikahan juga tidak lepas dari desain, untuk memunculkan desain-desain yang unik serta menarik anda harus bisa membuatnya dengan skill yang profesional. Tetapi dengan perkembangan zaman yang saat ini semakin maju, untuk membuat desain undangan yang bagus, tentunya anda bisa langsung memintanya kepada vendor.

Akan tetapi, untuk saat ini banyak daripada orang lebih memilih undangan digital, sebab lebih murah dan mudah untuk dibagikan. Melihat masa pendemi sangat sulit sekali untuk menyebarkan undangan, maka undangan digital adalah pilihannya. Tapi jika anda hendak membuat keduanya, maka anda harus ketahui jenis undangan yang akan dibuat.

Undangan Pernikahan

4 Undangan Pernikahan Secara Umum

1. Undangan Pernikahan Islami

Salah satu jenis undangan pernikahan yang paling sering dicari adalah undangan pernikahan Islami. Undangan pernikahan seperti ini sangat tepat dipilih untuk kamu yang ingin memperkuat kesan sakral acara pernikahan. Untuk membuat undangan pernikahan Islami, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan. Mulai dari basmalah, salam pembuka, hingga menyelipkan ayat suci Al-Qur’an.

2. Undangan Pernikahan Unik

Selain ingin memperkuat kesan sakral, ada juga orang yang cenderung memilih undangan pernikahan unik untuk acara pernikahan mereka. Jenis undangan pernikahan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan dengan cara tampil beda. Untuk membuat undangan pernikahan unik, kamu bisa berkreasi dengan kemasan atau bentuk undangan sendiri.

3. Undangan Pernikahan Simple

Tak ingin repot dengan urusan undangan pernikahan? Sebaiknya kamu membuat undangan pernikahan yang simpel, tapi tetap elegan. Sesuai dengan namanya, undangan pernikahan simpel dibuat dengan sangat sederhana. Misalnya hanya dibuat dengan selembar kertas yang lalu diberi bungkus. Selain itu, desain serta isi dari undangan ini pun tidak terlalu neko-neko dan sangat simpel.

4. Undangan Pernikahan Online

Saat ini mulai banyak orang yang beralih untuk membuat undangan pernikahan online, karena dinilai lebih praktis, hemat biaya, dan meminimalisir penggunaan kertas. Biasanya undangan seperti ini dibuat cukup simpel, tapi tetap dengan desain yang memikat mata. Anda bisa melihat banyak contoh undangan pernikahan online di WhatsApp atau media sosial lainnya yang pernah orang sebar.

Undangan

4 Jenis Undangan Pernikahan Secara Umum

1. Undangan Bahan Beludru

    Bludru atau velvet kerap dipakai untuk busana kebaya atau untuk kotak cincin, namun saat ini beludru juga dapat menjadi “busana” yang cantik untuk kartu undangan. Kartu undangan ini tampak elegan dengan aneka pilihan warna, dari pastel hingga warna terang tegas. Kartu undangan berbahan velvet memiliki dua pilihan, velvet impor atau lokal. Perbedaan keduanya tampak tidak ada jika hanya dilihat, namun lain ketika disentuh. Velvet yang diimpor ini terasa halus, sementara velvet lokal agak kasar.

    2. Undangan Laser Cutting

      Tidak hanya busana saja yang mengalami demam atau musim laser cut, kartu undangan juga tidak mau kalah modisnya. Dengan proses laser cut, kartu undangan sekarang memiliki tampilan menarik yang pasti akan mengena di hati sang tamu yang diundang. Memilih dengan beraneka motif mulai dari yang klasik, replika pohon besar atau meniru satu corak batik, hampir seluruh benda dapat dibentuk melalui laser cut. Sehingga para calon pengantin bebas mengajukan bentuk apa pun yang disukai.

      3. Undangan Bermotif Unik

        Undangan konvensional biasanya memilih warna emas atau coklat yang cenderung hanya terdiri dari satu warna. Tapi saat ini banyak pasangan muda yang menginginkan warna-warna cerah pada undangannya agar membangkitkan suasana ceria. Seperti warna pink, kuning, orange dan warna pastel yang dipadu dengan tema tropikal atau tema lainya. Ada pula motif watercolor dari cat air seperti motif bunga hingga buah-buahan yang musim. Sampai saat ini pun masih ada juga calon pasangan yang memakai motif watercolor.

        4. Undangan yang Multiguna

          Pada dasarnya undangan berfungsi untuk menyampaikan kabar berita, tetapi perkembangan zaman menambah fungsi undangan. Agar tidak terbuang percuma, undangan sengaja didesain dengan menambahkan kalender atau tempat untuk menaruh foto sebagai bingkai foto. Dengan begitu si penerima undangan dapat memanfaatkan undangan tersebut. Di samping itu, kini undangan juga dibuat dari kipas tangan sehingga bisa pergunakan meskipun tanggal pernikahan sudah lewat.

          *Baca Juga: Contoh Souvenir Pernikahan yang Unik dan Berkesan

          Tips Membuat Undangan Pernikahan

          1. Pilih Vendor yang Tepat

            Karakteristik yang dimiliki oleh setiap vendor dalam menghasilkan jenis undangan berbeda-beda. Untuk itu, pastikan memilih yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Sebagai contoh, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, maka ada baiknya pilihlah vendor yang lokasinya dekat dengan rumah atau tempat kerja. Hal ini bertujuan supaya bila ada yang kurang cocok atau perlu diperbaiki, maka Anda bisa dengan mudah untuk meminta direvisi. Akan lebih baik lagi, pilihlah vendor pernikahan yang terbuka terhadap semua masukan atau perbaikan yang Anda inginkan.

            2. Tentukan Tema Undangan

              Saat akan merancang undangan pernikahan, sebaiknya anda sudah lebih dulu menentukan tema yang sesuai dan tepat untuk digunakan. Pilihan tema undangan banyak yang unik dan menarik. Pilihlah tema yang selaras dengan konsep pernikahan agar sesuai dengan acara yang akan diselenggarakan. Karena seunik dan semenarik apapun undangan dibuat jika tanpa tema maka akan sia-sia saja.

              3. Tentukan Desain Undangan

                Setelah menentukan tema undangan pernikahan maka selanjutnya giliran anda menentukan desainnya yang tepat sesuai tema. Cobalah untuk melihat-lihat jenis desain yang tersedia atau mungkin anda bisa mengajukan desain Anda sendiri. Jika masih bingung menentukan, pilih beberapa yang menarik untuk kemudian diseleksi mana yang paling tepat dengan tema yang sudah ditentukan. Jangan lupa perhatikan juga jenis kertas dan teksturnya serta pilih yang cocok dengan konsep pernikahan. Pastikan saat Anda memilihnya, pasangan juga setuju dengan kartu undangan tersebut.

                4. Pilih Harga Sesuai Budget

                  Hal yang tidak kalah penting diperhatikan saat membuat undangan pernikahan yaitu harganya yang perlu disesuaikan dengan budget yang disiapkan. Dalam membuat undangan pernikahan, soal biaya bisa sangat fleksibel karena tersedia mulai dari harga murah sampai mahal. Namun bila ingin hasil yang maksimal, maka Anda juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

                  Sebuah undangan pernikahan dapat dikatakan baik, tidak hanya dilihat dari desainnya saja, tapi juga dari informasi yang termuat di dalamnya. Isi undangan pernikahan yang baik adalah yang mengandung komponen sebagai berikut:

                  • Nama kedua mempelai
                  • Nama kedua orang tua dari masing-masing mempelai
                  • Tempat upacara dan resepsi pernikahan diadakan (beserta dengan peta)
                  • Kutipan ayat kitab suci atau kata-kata mutiara

                  *Baca Juga: Contoh Hadiah Pernikahan yang Baik untuk Pasangan Baru


                  Leave a comment