This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

10 Barang Seserahan Pernikahan yang Bermakna

Seserahan

Seserahan Pernikahan

Seserahan adalah rangkaian acara yang dilakukan oleh calon pengantin pria untuk meminang calon mempelai perempuan. Dalam adat jawa, seserahan dilakukan dengan cara memberikan sejumlah barang yang dibutuhkan oleh wanita.

Seserahan atau Hantaran merupakan hadiah di luar mahar (mas kawin) yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Hantaran ini menjadi salah satu simbol keseriusan seorang pria untuk meminang calon wanita impiannya.

Tips Memilih Barang Seserahan

Bagi kamu yang sedang mencari barang seserahan untuk pernikahan, silahkan baca tips berikut ini. Tips ini sangat penting untuk kamu perhatikan agar tidak salah dalam memilih isi seserahan pernikahan:

1. Ketahui Anggaran Anda untuk Membeli Seserahan

Sebelum membeli barang seserahan, kamu harus tau anggaran yang dimiliki. Kamu harus memikirkan biaya kemasan dan dekorasi seserahan. Tulis barang seserahan yang ingin kamu beli dan diskusikan bersama pasanganmu.

2. Sesuaikan Barang Seserahan dengan Adat Agama

Dalam agama dan adat istiadat, pasti ada seserahan, seperti alat sholat bagi umat muslim dan alkitab bagi umat nasrani. Begitu pula dengan adat istiadat, ada barang khusus yang harus dipersiapan, seperti batik dan daun sirih.

3. Pastikan Seserahan Berguna dan Bermanfaat

Pastikan kamu membeli barang seserahan yang berguna dan bermanfaat. Contohnya, alat makeup dan skincare yang paling di sukai oleh wanita. Pastikan kamu tidak membeli barang seserahan yang tidak berguna bagi mempelai.

4. Beli Barang Seserahan Bersama Pasangan Anda

Supaya menghindari kesalahan, sebaiknya kamu membeli barang seserahan bersama pasangan. Biarkan pasanganmu memilih barang yang dia suka, tapi sesuaikan juga dengan budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

5. Hias Seserahan dengan Rapi Agar Terlihat Menarik

Agar isi seserahan menarik, kamu bisa mengemasnya dengan kotak seserahan. Kamu bisa membeli kotak seserahan dan menghiasnya. Kalau wadah dan kotak seserahan tersebut terlalu mahal, kamu bisa sewa di tempat terdekat.

Seserahan Pernikahan

10 Barang Seserahan untuk Pernikahan

Mencari barang seserahan memang tidak mudah, Anda harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Di kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa barang seserahan yang harus Anda siapkan untuk meminang calon mempelai wanita.

1. Peralatan Ibadah

Peralatan Sholat

Barang seserahan pernikahan yang pertama adalah Alat Sholat. Seperangkat alat sholat ini harus berisi al Quran, Sajadah, Mukena dan Tasbih. Bagi orang muslim, alat sholat adalah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan dalam seserahan pernikahan, karena bermakna untuk menjaga rumah tangga agar tetap harmonis, utuh dan rajin beribadah.

2. 1 Set Perhiasan

Perhiasan/Emas

Lalu, barang seserahan pernikahan yang kedua adalah perhiasan. Emas sangat wajib disiapkan untuk acara seserahan. Emas yang dimaksud bisa berupa Cincin, Kalung, Gelang dan Anting. Makna dari perhiasan ini adalah membuat mempelai wanita terlihat cantik dan bersinar terhadap suaminya. Sehingga suami makin sayang kepada calon istrinya nanti.

3. Pakaian Wanita

1 Set Pakaian

Satu set pakaian juga harus kamu siapkan untuk meminang calon pengantin wanita. Barang seserahan pernikahan yang dimaksud adalah Gaun, Bathrobe dan Piyama. Pakaian ini memberikan makna bahwa laki-laki bisa mencukupi segala kebutuhan istrinya. Sehingga, rumah tangga yang akan dijalankan selalu diberikan kecukupan setiap saat.

4. Skincare Wajah

Skincare

Barang seserahan yang satu ini adalah kesuakaan wanita. Skincare adalah barang keempat yang juga diperlukan dalam acara seserahan pernikahan. Skincare yang bisa kamu berikan, seperti Facial Wash, Scrub, Toner, Serum, Day Cream dan Night Cream. Makna dari memberikan skincare adalah agar sang wanita selalu terlihat cantik dimata suaminya.

5. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi

Satu set alat mandi juga wajib kamu berikan untuk meminang calon wanita. Seserahan pernikahan ini menjadi kebutuhan primer yang wanita butuhkan, karena dipakai setiap hari. Contoh alat mandi ini adalah Handuk, Sabun dan Shampo. Makna memberikan alat mandi, yaitu mengajarkan sang istri untuk tetap bersih secara jasmani dan rohani.

6. Tas dan Sepatu

Tas dan Sepatu

Tas dan sepatu bisa kamu masukan sebagai isi seserahan pernikahan wanita. Kamu bisa memilih Tas dan Sepatu dengan merek ternama, seperti Elizabeth, Hermes atau Gucci. Barang seserahan ini banyak orang pilih karena bernilai tinggi. Makna dari memberikan Tas dan Sepatu adalah agar wanita bisa menjaga barang-barangnya dengan baik.

7. Makanan Tradisonal

Makanan/Kue

Makanan/kue adalah barang seserahan yang juga harus kamu siapkan untuk meminang calon mempelai wanita. Makanan yang harus kamu siapkan, seperti Kue Lapis, Wajik, Jenang, Lupis dan sebagainya. Kue ini harus di taruh ke dalam kotak seserahan. Makna barang seserahan ini adalah agar sang wanita tidak kelaparan dan selalu tercukupkan.

8. Buah-Buahan

Buah-Buahan

Barang seserahan berikutnya, yaitu buah-buahan. Buah adalah simbol yang wajib dalam acara seserahan pernikahan. Kamu bisa memberikan Jeruk, Apel, Anggur atau Pir untuk seserahan pernikahan. Kamu bisa pilih buah yang segar dan tidak mudah busuk. Makna dari buah ini adalah sebagai bentuk kesehatan bagi sang istri yang akan berumah tangga.

9. Parfum Wanita

Parfum

Parfum adalah salah satu barang seserahan pernikahan yang mempunyai makna sebagai bentuk kebahagiaan. Kamu bisa memberikan parfum dengan Wangi Bunga atau Buah-Buahan. Memberikan parfum pada seserahan pernikahan membuat mempelai wanita tetap wangi dihadapan suami. Varian parfum yang dapat dipilih, seperti Joy by Jean Patou.

10. Jam Tangan

Jam Tangan

Isi seserahan pernikahan yang terakhir adalah jam tangan. Barang seserahan ini sifatnya opsional, sama seperti Tas dan Sepatu. Kamu bisa memberikan jam tangan dengan merk ternama, seperti Rolex atau Fossil. Barang seserahan ini akan memberikan makna yang cukup baik terhadap istri, yaitu membuat pasangan ingat waktu pulang kerumah.

*Baca Juga:

Itulah beberapa barang seserahan pernikahan yang bisa kamu siapkan untuk meminang calon mempelai wanita. Apabila Anda sedang mencari barang seserahan yang berkualitas, Anda bisa datang ke website Howel and Co. Kami adalah toko online yang menyediakan barang seserahan dengan kualitas premium. Anda bisa beli seserahan dengan mudah secara custom.

Leave a comment

Cart

No more products available for purchase