This site has limited support for your browser. We recommend switching to Edge, Chrome, Safari, or Firefox.

10 Isi Seserahan Lamaran Pernikahan yang Penuh Makna

Seserahan

Seserahan Lamaran Pernikahan

Seserahan adalah proses sebelum acara pernikahan dimulai. Prosesi ini dilakukan oleh pihak pria yang memberikan barang kepada calon mempelai wanita. Barang ini biasanya identik dengan perhiasan, emas, pakaian, makanan dan lain sebagainya. Dalam menyiapkan isi seserahan tidak boleh sembarang, tetapi harus dari orang yang sudah berpengalaman, seperti orang tua atau sesepuh.

Tips Memilih Isi Seserahan Lamaran

Seserahan lamaran merupakan lambang dari ikatan yang akan terjalin. Setiap elemen dalam seserahan memiliki arti dan filosofi tersendiri. Oleh karena itu, memilih isi seserahan dengan cermat akan memberikan kesan mendalam pada pasangan Anda.

1. Konsultasikan dengan Keluarga / Teman

Jika Anda merasa bingung dalam memilih isi seserahan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan keluarga. Mereka mungkin memberikan saran berharga mengenai selera dan keinginan pasangan, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.

2. Pertimbangkan Aspek Fungsional

Selain estetika, pertimbangkan juga aspek fungsional dari seserahan. Pastikan barang-barang yang Anda pilih memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membuat seserahan tidak hanya bermakna secara simbolis, tetapi juga praktis.

3. Menyiapkan Anggaran dengan Tepat

Pastikan Anda memiliki gambaran jelas tentang berapa yang dapat Anda alokasikan untuk membeli isi seserahan tersebut. Dengan menentukan anggaran, Anda dapat mempersempit pilihan dan fokus pada opsi yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda.

4. Pertimbangkan Selera Pasangan

Setiap orang memiliki selera dan preferensi masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa yang disukai oleh pasangan. Apakah lebih suka yang tradisional, modern, atau kombinasi keduanya? Anda harus mengetahui selera pasangan Anda.

5. Siapkan Seserahan dari Jauh-Jauh Hari

Jika Anda sudah tahu apa saja isi seserahan yang harus disiapkan, Anda bisa mengajak pasangan Anda untuk membelinya dari jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar barang yang Anda cari bisa di dapatkan sesegera mungkin, sehingga lamarna berjalan lancar.

10 Isi Seserahan Lamaran Pernikahan

Perhiasan

1. Perhiasan

Memberikan perhiasan pada prosesi seserahan adalah pilihan yang tepat. Perhiasan memiliki makna agar wanita selalu terlihat cantik dan bersinar. Anda bisa memilih perhiasan yang terbuat dari emas atau berlian agar awet. Dijamin barang seserahan lamaran dan pernikahan ini akan sangat bermakna untuk istri Anda.

Pakaian

2. Pakaian

Pakaian adalah barang yang bisa Anda berikan untuk calon pengantin wanita, pakaian yang dimaksud adalah baju tidur atau piyama. Dengan memberikan barang seserahan berupa pakaian, calon pengantin akan selalu tampil cantik. Sehingga ini akan membuat Anda semakin sayang pada istri Anda sendiri.

Skincare

3. Skincare

Seserahan selanjutnya adalah make up dan skincare. Tak bisa dipungkiri seserahan lamaran yang satu ini akan sangat disukai oleh perempuan. Makna dari barang seserahan ini adalah supaya menjaga penampilan istri tetap cantik. Sehingga istri Anda akan selalu mempesona ketika di depan calon suaminya.

Perlengkapan Mandi

4. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, parfum, shower puff, handuk, dan lain-lain juga masuk ke dalam sebuah seserahan lamaran. Makna dari seserahan ini adalah agar wanita dapat menjaga tubuhnya dari berbagai noda. Sehingga suami akan semakin cinta kepada istri, karena selalu harum setiap saat.

Alas Kaki

5. Slipper

Sepatu, sendal dan selop adalah barang yang bagus untuk dijadikan isi pada seserahan lamaran dan pernikahan. Dalam memberikan barang berupa satu set alas kaki, memiliki makna agar kedua calon pengantin dapat menjalani hidup bersama dengan berjalan tujuan yang mulus dan keluarga harmonis setiap hari.

Tas Wanita

6. Tas Wanita

Memberikan tas saat prosesi lamaran atau seserahan juga terbilang baik. Tas memiliki makna yang berbeda, yaitu menandakan calon suami mampu menafkahi kebutuhan istrinya. Dengan tas, istri bisa menggunakannya untuk belanja dan arisan. Tas juga banyak mereknya, Anda bisa pilis tas yang berkualitas.

Makanan

7. Makanan

Makanan tradisional seperti kue lapis, lemper, dan jenang bisa Anda jadikan isi dari seserahan lamaran. Makanan tradisional ini memiliki arti sebagai sebuah harapan, agar calon pengantin semakin dicukupi hingga akhir hayat. Lalu mempererat silaturahmi antara kedua belah pihak keluarga, sehingga makin melekat.

Buah

8. Buah-Buahan

Seserahan selanjutnya adalah buah-buahan yang terdiri dari pisang, apel, anggur, jeruk dan lain sebagainya. Makna memberikan buah dalam seserahan melambangkan harapan agar calon pengantin dapat menghasilkan buah hati yang baik, serta membuat keluarga selalu berguna bagi orang-orang sekitarnya.

Daun Sirih

9. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu kebutuhan dasar seorang wanita, karena bermakna sebagai kebahagiaan keluarga pasangan. Banyak orang memilih daun sirih sebagai isi seserahan lamaran dan pernikahan. Selain harganya yang murah, daun sirih juga bisa menjadi doa untuk setiap pasangan agar selalu langgeng.

Cincin Pernikahan

10. Cincin

Memberi cincin pernikahan saat seserahan lamaran memang harus disiapkan dari jauh hari. Cincin pernikahan ini merupakan sebuah doa dan harapan agar mengikat kedua calon pengantin agar selalu hidup bersama hingga akhir hayat. Cincin pernikahan menjadi barang paling berharga untuk setiap pasangan.

Jika Anda sedang mencari barang seserahan lamaran dan pernikahan, Anda bisa datang ke Howel and Co. Kami menjual Gift Set Souvenir dengan kualitas terbaik untuk acara seserahan lamaran. Produk kami meliputi Handuk, Bathrobe, Sajadah, Mukena, Sleepwear, dan masih banyak lagi. Anda bisa hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang seserahan lamaran pernikahan.

1 comment

Kio Alexander

Good job

Leave a comment

Cart

No more products available for purchase