Mahar Pernikahan

December 13, 2021 4 min read

Mahar Pernikahan Unik, Simple, dan Elegan

Mahar pernikahan ataupun yang biasa disebut dengan maskawin merupakan suatu yang tidak asing di Indonesia. Sebab, mahar yaitu bagian wajib dalam pernikahan yang merupakan pemberian dari mempelai pria kepada mempelai perempuan. Dalam Islam, mahar hukumnya wajib dan bisa menjadi bentuk kesungguhan lelaki kepada perempuan yang akan dinikahinya. Di Indonesia, biasanya mahar yang digunakan berbentuk seperangkat perlengkapan salat, perhiasan, ataupun uang tunai.

Syarat- syarat untuk membuat mahar pernikahan

Mahar yang diberikan kepada calon istri wajib penuhi syarat- syarat sebagai berikut :

1. Harta yang dijadikan mahar harus yang bermanfaat, atau yang bisa diambil manfaat. Maka tidak memakai mahar khomer misalnya, atau memakai mahar babi, darah dll. Mahar harus sesuai dengan pandangan dalam Syariat Islam.

2. Berupa harta yang berharga (mempunyai nilai harga). Tidak sah sesuatu yang sedikit dan tidak ada harganya. Misalnya sebutir beras. Sedang nilai banyaknya mahar itu tidak dibatasi berapapun banyaknya.

3. Mahar tidak boleh diambil dari sesuatu yang dighosob (mengambil hak milk orang lain secara paksa).

4. Mahar pernikahan tidak boleh dari sesuatu yang belum diketahui (dalam hal ini para ulama berpendapat). Tidak sah mahar dengan barang yang tidak jelas keadaannya, ataupun tidak disebutkan jenisnya.

Rekomendasi Mahar Pernikahan Unik dan Simple

Pada umumnya mahar pernikahan yang diberikan berupa sejumlah uang yang sesuai dengan tanggal pernikahan. Akan tetapi, jika ingin mahar pernikahan yang sedikit berbeda, Kamu sebagai pasangan dapat menyimak sebagian inspirasi mahar pernikahan berikut ini :

  • Uang Koin

Kreasi dengan uang logam juga dapat dijadikan mahar pernikahan, walaupun umumnya uang koin sifatnya cuma sebagai riasan. Misalnya membingkai tanggal pernikahan dengan uang koin. Ataupun bila mau lebih berkesan, Kamu dapat melekatkan uang koin di atas sketsa wajah kalian berdua serta membingkainya dengan figura. Bila merasa kesusahan, Kamu pula dapat pakai jasa pengrajin untuk membuatnya.

  • Kolase

Mahar pernikahan yang satu ini dapat jadi pilihan sangat simpel untuk mahar/maskawin. Kamu dapat memakai uang kertas kemudian membentuknya dengan foto di atas bidang, cocok kemauan. Tambahkan hiasan bunga sebagai pemanis serta selanjutnya bisa dipasang bingkai agar lebih rapih.

  • Uang Dinar

Mahar pernikahan juga tidak selalu harus dalam bentuk mata uang rupiah. Sebagai gantinya, Kamu dapat memakai dinar ataupun dirham. Terlebih, agama tidak memastikan ketentuan nominal sesuatu mahar pernikahan. Perlu diingat bila mahar pernikahan merupakan bentuk kerelaan suami dalam menafkahi istri. Tidak hanya itu, mata uang ini jauh lebih stabil dibandingkan mata uang lain. Jadi meskipun disimpan hingga puluh tahun lagi, nilainya masih tetap sama atau bahkan malah bertambah tinggi. Tidak hanya itu cara mengemas mahar pernikahan ini juga cukup simpel. Yang perlu dilakukan hanya menyertakan sertifikat serta memasukannya dalam parsel.

  • Frame Bouquet

Bila mahar pernikahan yang diberikan berbentuk uang kertas serta biar lebih berkesan, Kamu dapat membentuknya jadi bunga serta merangkainya seperti bouquet. Campuran warna pastel dengan putih membuat mahar pernikahan ini nampak terus menjadi manis. Kamu juga bisa memakai rangkaian bunga dengan menyertakan uang sebagai ketentuan syah pernikahan. Mahar yang satu ini juga cukup mudah, Kamu tinggal memesan buket bunga fresh serta menyelipkan gulungan uang sesuai dengan jumlah yang telah disepakati.

  • Terrarium

Membuat hiasan di kotak cermin ataupun terrarium pula dapat jadi inspirasi mahar pernikahan. Tidak hanya menawan serta indah, mahar pernikahan yang satu ini juga akan lebih berharga bila kamu menyelipkan cincin di antara dekorasinya.

  • Surat Cinta

Anda harus ingat, kebahagiaan pernikahan tidak ditentukan oleh tingginya nominal mahar pernikahan. Tidak apa jika mahar pernikahan yang akan diberikan tak berbentuk uang. Sebagai gantinya, pasangan bisa menuliskan surat cinta sebagai mahar tambahan untuk membuat pasangan merasa tersanjung. Sembari tetap memberikan uang atau perhiasan, pasangan bisa menuliskan kata-kata berisi ungkapan cinta atau harapan-harapan indah di masa depan. Surat cinta memang tidak bisa dijual, tetapi cukup bernilai dan berkesan untuk dijadikan mahar. Selain itu, surat cinta juga bisa jadi bukti bahwa cinta tak ternilai harganya.

  • Tiket Wisata

Jika hobi wisata, Kamu juga dapat memberikan mahar pernikahan berbentuk tiket ekspedisi wisata. Mahar ini dapat sekalian dijadikan ekspedisi bulan madu. seperangkat tiket pesawat ke wilayah tertentu akan membuat pasangan sangat menikmati mahar pernikahan tersebut.

Apa fungsi mahar dalam pernikahan?

Apakah fungsi mahar tersebut? Berikut fungsi-fungsi mahar dalam pernikahan :

  • Sebagai bentuk penghormatan, penghargaan, dan perlindungan terhadap wanita.

Dalam Islam, mahar merupakan hak penuh yang dimiliki oleh mempelai wanita yang tidak dapat diambil oleh keluarganya. Hal ini berbeda dengan masa jahiliyah di mana pemberian mahar ibarat transaksi jual beli yang memposisikan wanita atau istri layaknya 'barang' yang 'dibeli' dari keluarganya. Mahar yang diberikan oleh mempelai laki-laki langsung kepada mempelai wanita merupakan bentuk penghormatan, penghargaan, dan perlindungan yang tinggi terhadap wanita.

  • Sebagai pembeda antara pernikahan dengan mukhadanah.

Dulu mempelai laki-laki dari bangsa Jahiliah memberikan sejumlah hartanya kepada wali perempuan, sedangkan calon pengantin perempuan sendiri tidak mendapatkan apa-apa. Maka dari itu, mahar dalam Islam diubah dan diberikan sepenuhnya kepada calon pengantin wanita. Mukhadanah sendiri adalah perkawinan yang tak ubahnya dengan poliandri. Poliandri yaitu seorang perempuan memiliki banyak suami. Dan dengan pemberian mahar lah, sebagai pembeda antara pernikahan yang sah dengan mukhadanah.

  • Simbol tanggung jawab laki-laki kepada wanita yang dinikahi.

Mahar merupakan simbol tanggung jawab dari pihak laki-laki untuk menjamin kesamaan hak dan kesejahteraan keluarga setelah pernikahan terwujud bersama wanita yang ia nikahi.

  • Sebagai bentuk keseriusan laki-laki kepada perempuan

Pemberian mahar oleh seorang laki-laki kepada wanita, merupakan bentuk keseriusan dan cinta kasih mempelai laki-laki terhadap mempelai wanita yang akan dinikahinya. Karena itu, pemberian mahar ini harus dilakukan dengan hati yang ikhlas, tulus, dan diniatkan untuk memuliakan wanita yang akan dinikahinya.

  • Sebagai simbol persetujuan dan kerelaan.

Mahar yang diberikan kepada wanita yang akan dinikahi merupakan simbol persetujuan dan kerelaan antara kedua belah pihak untuk hidup bersama sebagai pasangan suami istri dalam ikatan pernikahan.

  • Simbol tanggung jawab wanita terhadap mahar yang diberikan.

Mahar adalah hak penuh yang dimiliki oleh mempelai wanita yang tidak dapat diambil oleh keluarganya. Karena itu, tidak ada seorang pun dari pihak mempelai wanita yang berhak menghalangi mempelai wanita untuk mendapatkan mahar. Dalam Islam, wanita memiliki hak penuh atas mahar yang diberikan. Tidak seorangpun anggota keluarga pihak wanita yang boleh mengambil mahar tersebut kecuali atas persetujuan dan kerelaannya.

Mahar Pernikahan dari Howel and Co

Howel and Co merupakan situs e-commerce yang memberikan layanan berupa pembuatan mahar. Produk kami meliputi Sajadah, Handuk, Bathrobe, Bedcover, Piyama dan masih banyak lagi. Mahar yang kami tawarkan sangat berkualitas tinggi, karena sudah di packing rapih dengan premium box dari kami. Mulai dari premium box, gift set box, bath towel, small sized dan souvenir wedding. Lengkapi aneka kebutuhan untuk berbagai macam keperluan pesta anda dengan mahar pernikahan terbaik di Howel and Co.


Leave a comment